Search This Blog

Sunday 19 March 2017

MACAM-MACAM BIJI-BIJIAN DAN KANDUNGANNYA

MACAM-MACAM BIJI-BIJIAN UNTUK BURUNG DAN KANDUNGANNYA


   Sahabat kicau smuanya kali ini saya ingin memberikan informasi berbagai macam biji-bijian beserta kandungannya.., seperti kalian tahu banyak macam biji-bijian untuk burung pemakan biji-bijian. Tapi apa kalian tahu kandungan yg ada didalamnya..?
   Dibawah ini ada sederet jenis biji-bijian beserta kandungan dan manfaatnya buat burung.
Apa saja biji-bijian itu...?
Simak dibawah ini dan semoga bermanfaat..

 MACAM-MACAM BIJI-BIJIAN BESERTA KANDUNGAN DAN MANFAATNYA BUAT BURUNG
1.Biji Kenari (Kanarium Memmum)


Biji kenari dihasilkan dari salah satu jenis tanaman sebangsa rerumputan dan selalu diutamakan untuk dijadikan pakan burung kenari. Biji kenari yang kurang bagus kualitasnya berwarna krem keabu-abuan, sedangkan yang baik berwarna abu-abu kehitaman dan isinya cukup padat. 
  • Kandungannya adalah : 14,4% protein, 6,4% lemak dan 55,3% hidrat arang. Biji kenari sangat baik diberikan pada saat parakkets memasuki masa kawin dan pada saat akan dikonteskan. Walaupun kulit biji kenari ini agak liat dan keras sehingga sulit disisil oleh anakan parakkets, sebaiknya biji ini tetap diberikan sebagai campuran utama pakan agar lebih dikenal oleh anak-anak parakkets.

2. Biji Milet (Gierst / Panicum Miliaceum)
Biji milet
Milet dapat diberikan pada burung parakkets  tetapi kurang disukai karena rasanya agak pahit, biji didalamnya tidak begitu besar. Milet yang ada di pasaran berwarna putih dan merah kecoklatan.
Ada pula milet yang diimpor terutama dari Australia.
  • Kandungannya adalah protein: 11,3% lemak 4,2% dan hidrat arang 60,5%.
 3. Biji Jewawut (Panikum Viride)
Biji Jewawut local warnanya coklat, dijual dalam bentuk pipilan atau masih pada malainya. Pemberian jewawut local bila terlalu banyak dan berlebihan kurang baik karena burung menjadi cepat gemuk sehingga malas bergerak dan kurang rajin berkicau.
  • Kandungannya adalah 9,8% protein, 75% hidrat arang dan cukup banyak mengandung zat kapur yang sangat dibutuhkan burung terutama pada saat bertelur.
Jewawut impor dikenal sebagai jewawut Bangkok, warnanya merah bata, ukurannya lebih besar dari jewawut local. Walaupun kurang disukai parakkets  tetapi jewawut dapat dijadikan pakan alternative bila biji-bijian sulit ditemukan di pasaran. Pemberian jewawut local disarankan hanya pada burung parakeets muda yang masih dalam tahap pertumbuhan.

4. Biji Lobak (Raphanus Satipas)


Biji lobak dapat diberikan pada burung parakkets dan sifatnya basah, mudah disisil, sangat disukai burung di musim panas. Bijian ini mudah diperoleh di pasaran.

Meskipun parakkets sangat menyukai biji lobak, tetapi jumlah yang diberikan perlu dibatasi karena mengandung kadar lemak cukup tinggi. Pada parakkets dewasa cukup diberikan 5% saja dari total campuran pakan bijian, dan pada parakkets muda yang dalam proses pertumbuhan dapat diberikan 10% dari total campuran pakan bijian.

Biji lobak sebaiknya tidak diberikan pada parakkets yang sedang mengalami ganti bulu (mabung) karena dapat memperlambat burung untuk berkicau kembali. Jika ingin tetap memberikan cukup 2 – 3% saja dari total campuran pakan bijian dan sebaiknya tidak setiap hari.

5. Biji Bunga Matahari (Helianthus annuus L.)

Biji bunga matahari mengandung lemak dan baik untuk menyuburkan dan membuat bulu burung parakkets berkilau.
  • Kandungan minyaknya dapat memperlancar proses produksi telur pada parakkets yang ditangkarkan.

Biji bunga matahari yang diberikan kepada burung parakkets sebaiknya yang berbentuk pipih karena kadar lemaknya lebih rendah daripada yang lonjonh agak bulat bergaris. Sebelum diberikan, kulitnya dikupas dahulu dan dipotong-potong kecil. Jangan memberikan biji bunga matahari yang sudah dibuat kuaci sebab kadar garamnya membahayakan suara parakkets

6. Biji Selada (Lactuca Satipa)


Biji ini adalah biji dari pohon selada. Warnanya hitam, bentuknya kecil gepeng agak memanjang. Biji ini dapat memmengaruhi warna bulu menjadi kehijauan, karena itu baik untuk parakkets yang berbulu hijau.

7. Biji Sawi (Brassica Rugosa)

Yaitu biji dari pohon sawi. Warnanya hitam, bentuknya bundar sebesar biji jewawut, kulitnya tipis dan agak sulit dikupas. rasanya agak pahit.
  •  khasiatnya baik untuk parakkets karena banyak mengandung Vitamin A.
 8. Linseed / lijnsaad (Linim Usitatissimum)
 
 
  • Kandungannya adalah 21,9% protein, 34,6% lemak dan 24,6% hidrat arang. Suka diberikan sewaktu-waktu saja terutama dimusim hujan atau dimana udara sangat dingin.
9. Fumayin / biji hennep (Cannabis Sativa)

Termasuk dalam keluarga ganja karena mengandung candu. Bentuknya seperti merica hanya kulitnya keras dan licin berwarna putih gading. Karena kerasnya parakkets tidak mampu memecahkan kulitnya dengan demikian perlu kita pecahkan terlebih dahulu sebelum diberikan untuk parakkets (pada parakkets besar seperti YS, dapat memecahkannya sendiri). Rasanya enak dan gurih serta mengandung banyak lemak makanya parakkets cepat gemuk apabila terlalu banyak mengkonsumsinya. Baik diberikan untuk membangkitkan birahi parakkets (untuk ternak maupun untuk lomba) karena mengandung zat perangsang/candu/doping.

10. Haver (Avena Sativa) 

Yaitu tumbuhan semacam jewawut. Kareana kulitnya keras baik untuk menumpulkan ujung paruh yang terlalu runcing, apabil ditumbuk akan mudah dicerna oleh parakkets dan merupakan obat sakit perut / baik untuk pencernaan.
  • Kandungannya adalah 11,3% proyein, 5,6% lemak dan 56,9% hidrat arang
11.Kacang Tanah

Adalah bahan makanan tumbuh-tumbuhan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Kacang Tanah

  • mengandung energi sebesar 525 kilokalori, protein 27,9 gram, karbohidrat 17,4 gram, lemak 42,7 gram, kalsium 315 miligram, fosfor 456 miligram, dan zat besi 5,7 miligram.  Selain itu di dalam Kacang Tanah juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,44 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kacang Tanah, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Kacang Tanah :

  • Nama Bahan Makanan : Kacang Tanah
  • Nama Lain / Alternatif : -Banyaknya Kacang Tanah yang diteliti (Food Weight) = 100 g
  • Bagian Kacang Tanah yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Kacang Tanah = 525 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Kacang Tanah = 27,9 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Kacang Tanah = 42,7 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Kacang Tanah = 17,4 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Kacang Tanah = 315 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Kacang Tanah = 456 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Kacang Tanah = 5,7 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Kacang Tanah = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kacang Tanah = 0,44 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Kacang Tanah = 0 mg

12.Kacang hijau

Memiliki nama latinVigna radiata dan termasuk ke dalam famili Fabaceae. Kacang hijau masih bersaudara dengan kacang panjang, kacang polong dan kacang kedelai. Di Indonesia, kacang hijau biasa dikonsumsi dan diolah menjadi bubur. Makanya dikenal dengan nama bubur kacang ijo, yang isinya merupakan campuran antara kacang hijau, santan dan gula serta beras ketan hitam.
Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Bahkan dikenal sebagai makanannya para tentara agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi, fisiknya kuat dan otaknya cerdas. Oke berikut ini merupakan penjelasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau
Sebagai salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan, kacang hijau mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.
  • Kaya Vitamin
  • Kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159 µg/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. Tidak hanya itu, kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin, yang berguna membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh.
  • Kacang hijau kaya akan mineral. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat potasium (266 mg), fosfor (99 mg), mangan (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), zat besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).
  • Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Kandungan protein dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.
  • Kandungan serat dalam 100 gr kacang hijau sebesar 7,6 gr serat. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 persen. Serat bermanfaat dalam menjaga fungsi saluran cerna, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol.
  • Kacang hijau juga diperkaya dengan Omega-3 sebesar 0,9 mg/100gr dan Omega-6 sebesar 119 mg/100gr. Seperti kita ketahui bahwa asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

13.Kacang merah

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan -
Mungkin kacang yang satu ini belum begitu familiar dan populer buat kita, tidak seperti halnya kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang hijau yang sering di konsumsi dan sangat populer bagi masyarakat indonesia. Karena memang kacang tanah, kacang kedelai dan kacang hijau lebih sering di jadikan makanan olahan, apalagi kacang kedelai yg memang merupakan bahan baku pembuat tempe dan tahu, sehingga kacang tersebut sangat populer untuk masyarakat indonesia. Tapi bukan berarti kacang merah tidak bisa seperti kacang kedelai, kacang tanah maupun kacang hijau, kacang merah juga bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya es kacang merah yg super enak. Seperti halnya jenis kacang kacangan, kacang merah juga memiliki nilai gizi yang tinggi juga loh.. dan sangat baik untuk kesehatan kita, mau tau ? untuk lebih jelasnya baca uraian di bawah ini..

Kacang merah tergolong makanan nabati kelompok kacang polong (legume); satu keluarga dengan kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo, dan kacang uci. Ada beberapa jenis kacang merah diantaranya adalah red bean, kacang adzuki (kacang merah kecil), dan kidney bean (kacang merah besar).
Kandungan Kacang Merah
Kacang merah kaya akan asam folat, kalsium, karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang tergolong tinggi. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah membuatnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Kadar indeks glikemik kacang merah juga termasuk rendah sehingga menguntungkan penderita diabetes dan menurunkan risiko timbulnya diabetes.
Kacang merah kering adalah sumber karbohidrat kompleks, serat makanan (fiber), vitamin B (terutama asam folat dan vitamin B6), fosfor, mangaan, besi, thiamin, dan protein. Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17 persen dari angka kecukupan protein harian.
  • Kandungan protein dan profil asam amino dalam 100 gr kacang merah (kidney bean) dari yang terbanyak adalah asam glutamat (1323 mg), asam aspartat (1049 mg), leucine (693 mg), lysine (595 mg), arginine (537 mg), serine (472 mg), phenylalanine (469 mg), valine (454 mg), isoleucine (383 mg), proline (368 mg), threonine (365 mg), alanine (364 mg), glycine (339 mg), dan lain-lain sisanya di bawah 300 mg.

14.Padi(Gabah/Beras) 

Merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok. Dibeberapa negara terutama Asia bers merupakan makanan pokok terpenting. Selain dijadikan nasi beras juga digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam penganan dan kue-kue, utamanya dari ketan, termasuk pula untuk dijadikan tapai. Selain itu, beras merupakan komponen penting bagi jamu beras kencur dan param. Minuman yang populer dari olahan beras adalah arak dan air tajin.

Beras adalah bagian bulir padi (gabah)yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut ‘palea’ (bagian yang ditutupi) dan ‘lemma’ (bagian yang menutupi). Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.Beras umumnya tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi dapat tumbuh hingga setinggi 1 - 1,8 m. Daunnya panjang dan ramping dengan panjang 50 - 100 cm dan lebar 2 - 2,5 cm. Beras yang dapat dimakan berukuran panjang 5 - 12 mm dan tebal 2 - 3 mm.
 

1 comment:

  1. Casinos Near Casinos Near Me - Mapyro
    Casinos Near Me · 1. 진주 출장샵 Wild Horse Pass, 용인 출장안마 Las Vegas · 2. 나주 출장샵 Bellagio, Las Vegas · 3. Treasure Island, Atlantic 의왕 출장샵 City · 4. The Venetian, Las Vegas · 천안 출장안마 5. Bally's, Las Vegas · 6. Casino

    ReplyDelete